Senin, 29 April 2013

tugas 6 : Design


DESIGN
Definisi Desain
Desain secara etimologi, istilah Desain berasal "dari tadi" beberapa serapan bahasa, yaitu kata "designo" (Itali) yang secara gramatikal berarti gambar dan bermakna:
·       Untuk membuat sketsa persiapan
·       Untuk merencanakan dan melaksanakan eksperimen
·       Untuk membentuk satu pemikiran
dan berasal dari kata "designare" (Latin) yang berencana, berskema, dan berproyek.

1. Prinsip Design

Ø  Keselarasan (Harmoni)
Keselarasan merupakan prinsip desain yang diartikan sebagai keteraturan tatanan diantara bagian-bagian suatu karya. Keselarasan dalam desain merupakan pembentukan unsur-unsur keseimbangan, keteraturan, kesatuan, dan perpaduan yang masing-masing saling mengisi dan menimbang.

Ø  Kesebandingan (Proporsi)
Kesebandingan (proporsi) merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian dengan elemen keseluruhan.

Ø  Irama (Ritme)  Penekanan (Emphasis)
Irama (ritme) dapat kita rasakan. Ritme terjadi karena adanya pengulangan pada bidang/ruang yang menyebabkan kita dapat merasakan adanya perakan, getaran, atau perpindahan dari unsur satu ke unsur lain.

Ø  Keseimbangan (Balance)
Tujuan utama sebuah karya diskomvis adalah menarik dilihat. Bentuk keseimbangan yang sederhana adalah keseimbangan simetris yang terkesan resmi atau formal, sedangkan keseimbangan asimetris terkesan informal dan lebih dinamis.

2. Ide dalam membuat desain

Desain dihasilkan dari ide-ide cemerlang manusia, baik sendiri maupun gabungan dari hasil sekelompok. Untuk mendapatkan ide kadang muncul secara tiba-tiba atau spontan. Tapi pada umumnya ide sangat sulit diperoleh, bahkan membutuhkan waktu proses yang lama. Akan tetapi semua itu akan terbayarkan dengan hasil yang maksimal atau dengan kata lain kebutuhan batinnya telah terpenuhi.

Untuk mencari ide dalam membuat desain, terutama untuk desain antarmuka GUI aplikasi, sebaiknya anda pelajar terlebih dahulu antarmuka GUI aplikasi pada umumnya. Kemudian mencoba berbagai demo tampilan antarmuka aplikasi, khususnya yang bagus dilihat disertai animasi menarik. Jangan lupa untuk berkonsultasi pada sang ahli dan menanyakan tampilan antarmuka aplikasi yang paling diminati koresponden.

3. Tantangan Dalam Membuat Desain

Tantangan yang dihadapi saat mendesain tampilan antarmuka aplikasi adalah pembuatan ide awal, cara menggabungkan estetika dengan tampilan gambar ikon menarik dengan animasi yang indah.

Tantangan yang kedua adalah implementasi desain tersebut ke dalam kode pemrograman tetapi tanpa menambah beban kinerja proses aplikasi.

Tantangan berikutnya adalah terintegrasinya berbagai elemen-elemen aplikasi yang berisi animasi-animasi khusus tanpa mengganggu tampilan elemen yang lainnya.

4. Contoh Desain dalam Kehidupan Sehari-Hari

v  Desain tampilan antarmuka aplikasi di berbagai platform

v  Desain seni terapan pada furnitur atau benda pakai

v  Desain kartun atau animasi untuk permainan dan hiburan

v  Desain iklan untuk sasaran promosi satu produk secara strategis

v  Desain urban untuk merencanakan tata letak kota dengan penuh estetika

v  Desain seni murni untuk pemenuhan kebutuhan seni

v  Desain dekorasi untuk dekorasi satu ruang sesuai fungsi dan kebutuhannya

v  Desain sampul untuk produk media massa dalam menarik perhatian khalayak umum

5. Desain Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
 
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Kesimpulan :
Dengan design kita bisa membuat dan menciptakan objeck baru, ekspermen dan lain-lain dalam ide-ide kita, yang berdasarkan  keselarasan, irama, keseimbangan, kesebandingan, dan penekanan

 
Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Desain

http://dwiputri08.wordpress.com/2011/04/20/prinsip-prinsip-desain

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar