DIALOG
Dialog adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih
agen, dalam dialog makna harus dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis
dan pragmatis IMK, dialog adalah pertukaran instruksi dan informasi yang
mengambil tempat antara user dan sistem komputer.
a. Desain Dialog
Proses Perancangan Dialog
- Rangkaian dialog menggambarkan struktur tugas.
- Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, misalnya: help system, tutorial sub-sistem.
- Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas. - Pemilihan dan representasi dari conceptual metaphor.
Dalam mendesain
dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan.
Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?
- Agar mudah di
analisa.
- Pemisahan
elemen-elemen interface dari logika program (semantik).
- Apabila
notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut bisa
membantu desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan.
Notasi Diagramatik
- Notasi
Diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog.
- Kelebihan:
memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog.
- Kekurangan:
sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks.
B. Dialog style
Cara yg digunakan u/mengorganisasikan berbagai
teknik dialog.
Jenis-Jenis Dialog:
1. Command Language
Merupakan
paradigma user interface yang pertama kali. Contoh: MS-DOS shell, UNIX shell,
dBase.
Keuntungan:
- Lebih cepat.
- Dapat
melakukan kegiatan meskipun di luar batas.
- Perulangan
- Implementasi
yang mudah dan hemat.
Tujuan:
- Konsistensi.
- Penamaan dan
pemberian singkatan yang baik.
- Melakukan
tugas perancangan dapat membantu meminimalkan kekurangan.
2. WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer)
Berfokus pada
Menus, Buttons, Forms, Icons.
3. Direct Manipulation
Definisi:
- Kesinambungan
tampilan dari objek-objek dan aksi-aksi yang dilakukan.
- Cepat, dapat
dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya dapat segera terlihat.
- Penggantian
dari sintaks command language dengan manipulasi langsung pada objek.
Keuntungan:
- Mudah
dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula.
- WYSIWYG
- Fleksibel
- Menyediakan
konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat mengetahui
apakah tujuan telah tercapai.
- Membatasai
beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi.
Kekurangan:
- Penggunaan
seluruh ruang pada layar.
- Harus
mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak pada layar.
- Tampilan
visual mungkin dapat disalah artikan.
- Penggunaan
mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan.
- Tidak ada
penjelasan otomatis.
- Tidak bagus
pada: pengulangan, penyimpanan history, tugas tertentu (seperti merubah semua
huruf cetak miring menjadi cetak tebal), variabel.
4. PDA dan Pen
- Menjadi lebih
umum dan penggunaan yang lebih luas.
- Tampilan yang
lebih kecil (160x160 atau 320x240).
- Tombol-tombol
yang lebih sedikit, interaksi melalui “pen” (atau stylus).
- Peningkatan _
wireless, warna, memory yang lebih besar, CPU dan OS yang lebih baik.
- Palmtop vs Handheld.
5. Speech dan Natural Language
Speech (Suara) adalah getaran pada suara menimbulkan bunyi “ahh”. Mulut, tenggorokan, bibir membentuk
bunyi.
Input speech:
- Pengenalan
speaker.
- Pengenalan
suara.
- Pemahaman
bahasa natural.
Natural Language:
- Memberi arti
pada kata-kata.
- Input dapat
berupa suara atau dari keyboard.
Keuntungan:
- Mudah
dipelajari dan diingat.
- Lebih kuat.
- Cepat,
efisien (tidak selalu).
- Layar yang
kecil.
Kekurangan:
- Belum dapat
bekerja dengan baik.
- Mengasumsikan
pengetahuan dari permasalahan.
- Membutuhkan
keahlian pengetikan. Peningkatan tidak terlihat.
- Implementasi membutuhkan biaya yang mahal.
C. User Interface Software
Secara umum cukup sulit membedakan antarmuka berbasis manipulasi langsung
dengan antarmuka berbasis interaksi grafis. Pada program-program yang
berkemampuan hypertext, program akan memberitahu pengguna bahwa pengguna
dapat melakukan links ke teks atau dokuman yang lain. Ketika kursor mouse
berada pada teks yang mempunyai link ke teks lain, maka bentuk kursor
biasanya berubah (umumnya berubah menjadi bentuk tangan menunjuk). Keuntungan
dan kerugian teknik antarmuka berbasis interaksi grafis sama dengan keuntungan
dan kerugian teknik antarmuka menggunakan manipulasi langsung.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar